METABOLISME



Pengertian Katabolisme, Anabolisme dan Metabolisme :
·         Katabolisme merupakan proses penguraian / pemecahan senyawa organic kompleks menjadi senyawa-senyawa sederhana. Dengan bantuan enzim menghasilkan energi dan elektron.
·         Anabolisme merupakan proses pembentukan / penyusunan senyawa sederhana menjadi senyawa yang lebih kompleks. Dengan bantuan enzim memerlukan energy dan elektron.
·         Metabolisme adalah semua proses kimiawi yang terjadi didalam tubuh.

Pengertian enzim :
·         Enzim adalah protein yang berperan sebagal katalis / bio katalisator dalam metabolism mahkluk hidup.

Komponen Penyusun Enzim :
·         Apoenzim : Bagian enzim ya aktif, tersusun atas protein yang bersifat labil terhadap factor lingkungan.
·         Kofaktor : Komponen non-protein yang berupa ion-ion anorganik, gugus prostetik, koenzim

Cara Kerja Enzim :
·         Menurut teori Lock and Key : Enzim dimisalkan sebagai gembok karena memiliki sebuah bagian kecil yang dapat berikatan dengan substrat. Bagian tersebut disebut sisi aktif, substrat dimisalkan sebagai kunci karena dapat berikatan secara pas dengan sisi aktif enzim.


·         Menurut teori induced Fit : Pada model ini sisi aktif enzim dapat berubah sesuai dengan bentuk substrat (fleksibel)

Faktor yang mempengaruhi kerja enzim :
·         Suhu/Temperatur : Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan rusaknya enzim, sedangkan suhu yang terlalu rendah dapat membuat enzim tidak aktif/pasif. Enzim dapat bekerja dengan baik pada suhu normal antara 30-40
·         pH : Perubahan pH dapat mempengaruhi perubahan asam amino pada sisi aktif enzim, sehingga menghalangi sisi aktif bergabung dengan substratnya.
·         Aktivator dan Inhibitor :
Aktivator : Molekul yang mempermudah ikatan enzim dengan substratnya
Inhibitor : ikatan yang menghambat ikatan enzim dengan substratnya. Dibagi menjadi 2 yaitu, Inhibitor kompetitif = Produk bisa menjadi inhibitor jika memiliki sisi yang bersesuaian dengan sisi aktif enzim. Memperebutkan sisi aktif enzim bersama dengan substrat. Bila enzim sudah berikatan dengan inhibitor maka enzim tidak dapat lagi bekerja.
Inhibitor non-kompetitif = Enzim memiliki 2 sisi aktif yaitu untuk substrat dan inhibitor, jika inhibitor bergabung dengan enzim, maka sisi aktif untuk substrat akan berubah bentuk sehingga enzim tidak dapat bekerja lagi karena tidak dapat bergabung dengan substrat.

Sifat – Sifat Enzim :
·         Berupa bio katalisator
·         Bekerja secara spesifik
·         Dapat bekerja secara berulang-ulang
·         Dibutuhkan dalam jumlah sedikit
·         Berupa koloid
·         Bersifat Termolabil

0 komentar:

Posting Komentar